Skripsi
Konsep pembelajaran berbasis multiple intelligences dalam perspektif pendidikan islam : kajian buku sekolahnya manusia karya Munif Chatib
Latar belakang penelitian ini berangkat dari fenomena di lingkungan pendidikan, seperti peserta didik yang dianggap bodoh karena mereka lemah dalam bidang matematis ataupun linguistik. Salah satu solusi untukmemperbaiki degradasi model pendidikan di Indonesia denganmembentuksekolah yang memanusiakan manusia,yaitu pendidikan yang mengakomodir potensi kecerdasan manusia yang bersifatjamak (multiple intelligences). Dalam penelitian ini, peneliti mengkaji bukusekolahnyamanusiamengenaikonseppembelajaranberbasismultiple intelligences yang dikembangkan oleh Munif Chatib, sebagaipakarpendidikan di Indonesia.
Penulisan skripsi dengan judul “Konsep Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences Dalam Perspektif Pendidikan Islam (Kajian Buku Sekolahnya Manusia Karya Munif Chatib)” inibertujuan untuk mengetahui konsep pembelajaran berbasis multiple intellingences menurut dalam perspektifpendidikanIslamdanChatib Munif, sertapenerapannyapada proses pembelajaran.
Penelitianinimenggunakanpendekatan kualitatifdenganmetodekepustakaan atau library research.Pengumpulan data padapenelitianinimenggunakan metode dokumentasidan penelusuran data online. Sedangkan untuk teknikanalisisnya, peneliti menggunakan metode deduktif, induktifdananalisis isi (content analysis).
Melalui hasil analisispadapenelitianinimenunjukan: Pertama, pembelajaran berbasis Multiple Intelligencesmemilikirelevansijika diterapkan dalampendidikan Islam. PendidikanIslam mempunyaikonsep fitrah dalam hal mengembangkan potensi manusia,yang harus dibimbing ke arah yang baik, salah satunya dengan pembelajaranberbasismultiple intelligences, sebuahpembelajaran yang menghargaisetiapkecerdasanpesertadidik.Kedua, menurut Munif Chatib, sumber kecerdasan seseorang adalah kebiasaannya untuk membuat produk-produk baru yang mempunyai nilai daya (kreativitas) dan kebiasaannya menyelesaikan masalah secara mandiri (problem solving).Ketiga, penerapanpembelajaranberbasismultiple intelligences melaluitigatahapan, yaitu; perencanaan, proses danpenilaian.Padatahapperencanaan, guru membuatrencanapembelajaranataulesson plan.Selanjutnyatahap proses, di mana guru menyesuaikangayamengajarnyadengangayabelajarpesertadidik. Tahapakhiryaitupenilaianautentik, sebuahpenilaian yang mengukurtigaaspekkemampuan, yaitukognitif, psikomotrik, danafektif.
Kata Kunci: Konsep, pembelajaran,multiple intelligences
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain