Skripsi
Inovasi metode pembelajaran guru MI kelas IV di MI Ma'arif Suren Gede Wonosobo tahun pelajaran 2015/2016
Penulisan skripsi ini bertujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana inovasi metode pembelajaran guru MI kelas IV di MI Ma’arif Suren Gede Wonosobo tahun pelajaran 2015/2016 (2) Untuk mengetahui seperti apa inovasi metode pembelajaran guru MI kelas IV di MI Ma’arif Suren gede Wonosobo tahun pelajaran 2015/2016.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif, untuk mendapatkan data penulis menggunakan penelitian lapangan (field research). Sumber data yang digunakan adalah data-data yang ada di MI Ma’arif Suren Gede. Untuk mendapatkan data yang diperlukan penulis menggunakan teknik dokumentasi, wawancara, obsevasi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif analisis, yaitu teknik yang di gunakan untuk menarik kesimpulan dari paparan yang ada kemudian dianalisis untuk menemukan karakteristik pesan yang dilakukan secara sistematis dan objektif.
Setelah dilakukan penelitian ditemukan bahwa, (1) Inovasi metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah berjalan dengan baik, inovasi yang dilakukan oleh guru yaitu dengan menggunakan metode pengembangan dari metode konvensional dan juga metode yang baru. (2) Inovasi metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru kelas IV di MI Ma’arif Suren gede yaitu cerita bernyanyi (ceber), metode make a match, talking stick, dan word square. Dengan penerapan metode inovatif tersebut menimbulkan dampak yang positif yaitu siswa menjadi lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran, pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, kegiatan pembelajaran menjadi lebih aktif dan pembelajaran menjadi berpusat pada siswa bukan lagi berpusat pada guru.
Kata kunci : Inovasi, Metode, dan Pembelajaran
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain