Skripsi
Peran Pemberian Cap Bintang Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Anak Didik Di Paud Pelangiku Wonosobo Tahun Pelajaran 2014-2015
              Tujuan yang akan dicapai dalam penulisan skripsi ini adalah : untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3 Kertek tahun pelajaran 2014/2015, untuk mengetahui sejauh mana peran guru PAI dalam  mengoptimalisasikan pelaksanaan pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3 Kertek tahun pelajaran 2014/2015, untuk mengetahui hambatan guru PAI dalam mengoptimalisasikan pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3 Kertek tahun pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang dijadikan bahan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Prosedur Pengumpulan data yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pengumpulan data, selanjutnya penulis akan melakukan analisa dan pembahasan secara deskriptif. Dengan demikian data yang diperoleh disusun sedemikian rupa sehingga dikaji dan dikupas secara runtut. Karena data yang diperoleh itu merupakan data kualitatif maka penulis menggunakan teknik deskriptif kualitatif analisis non statistikal.
Hasil penelitian yang penulis peroleh adalah proses pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3 Kertek sudah berjalan cukup baik dengan mengacu pada kurikulum KTSP dan disesuaikan dengan kondisi siswa dengan mengedepankan kemampuan siswa dalam menangkap materi pelajaran. Peran guru PAI dalam mengoptimalisasikan pelaksanaan pembelajaran PAI sudah bejalan cukup baik, hal itu ditunjukkan dari hasil wawancara dengan guru PAI di SMP Negeri 3 Kertek bahwa peran guru PAI dalam mengopimalisasikan pelaksanaan pembelajaran PAI meliputi : guru sebagi pembimbing, guru sebagai pengelola kelas, guru sebagai motivator, guru sebagai mediator dan fasilitator, guru sebagai contoh dan teladan. Faktor yang menghambat, yaitu minat siswa yang masih kurang, fasilitas terbatas, terbatasnya waktu, tingkat pengetahuan yang masih dalam pemahaman.
Kata kunci : Peran Guru, Pembelajaran PAI
            
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain