Skripsi
Implementasi pendidikan motorik halus dalam pengenalan huruf hijaiyah pada anak usia dini di kelompok bermain tunas pelangi kebutuhjurang pagedongan tahun pelajaran 2014/2015
Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), sosio emosioanl (sikap dan perilaku serta agama) bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pendidikan motorik kasar dan motorik halus pada anak usia dini di Kelompok Bermain Tunas Pelangi Kebutuhjurang Pagedongan tahun pelajaran 2014/2015.
Dalam penelitian ini metode yang penulis gunakan dalam teknik pengumpulan data meliputi: observasi, wawancara (interview), dokumentasi. Dengan metode ini diharapkan dapat memperolah data-data yang kongkrit yang sesuai dengan kebutuhan dalam penelitian yang dilaksanakan di PAUD Kelompok Bermain Tunas Pelangi Kebutuhjurang. Setelah data terkumpul kemudian dianalisa melalui metode deskriptif untuk data yang kualitatif.
Analisis data dalam penelitian kualitatif dilakukan sejak sebelum memasuki lapangan, selama di lapangan, dan setelah selesai di lapangan. Artinya dimulai sejak persiapan akan melakukan penelitian sampai selesai peneltian. Analisis data yang digunakan antara lain yaitu data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/verification
Dari hasil penelitian yang penulis lakukan akhirnya menghasilkan sesuatu kesimpulan sebagai berikut: pertama, Konsep Pendidikan Motorik Halus dalam pengenalan huruf hijaiyah adalah dengan dilakukannya pembelajaran di luar ruangan melalui kegiatan permainan dan pembelajaran di dalam ruangan melalui kegiatan menulis dan menggambarh. Kedua, Pendidikan Motorik Halus dalam pengenalan Huruf Hijaiyah melalui permainan antara lain melalui media papan magnet, Permainan Kartu Magnet Huruf Hijaiyah, Permainan Tepuk Hijaiyah “Alif-ya, dan Membentuk Huruf Hijaiyah Melalui Media Plastisin. Ketiga, Kendala dalam Pendidikan Motorik Kasar dan Motorik Halus Pada Anak Usia Dini adalah Anak sering merasa malu untuk melakukan suatu permainan dan tidak berkosentrasi pada jenis permainan, sehingga anak malakukan permainan sendiri diluar aturan dan tema permainan yang ada.
Kata Kunci: Implementasi, Motorik Halus, Huruf Hijaiyah
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain