Skripsi
Pelaksanaan pendidikan agama islam (PAI) dalam membentuk karakter siswa SMP N 1 Kejajar tahun 2014/2015
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pelaksanaan pendidikan agama Islam (PAI) mempunyai hubungan yang positif dalam membentuk karakter siswa SMP N 1 Kejajar Tahun 2014/2015.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif, dan jenis penelitian koralatif. Penelitian korelasional adalah penelitian yang akan melihat hubungan antara variabel atau beberapa variabel dengan variabel lain. Variabel yang digunakan untuk memprediksi disebut variabel prediktor. Sedangkan variabel yang dipresiksi disebut variabel kriterium/kriteria. Penelitian ini dilakukan dengan siklus yang terdiri dari rencana, observasi, pengumpulan data dan angket.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksaan Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peranan penting dalam membentuk karakter siswa. Bisa dilihat dari hasil Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam (Variabel X) di SMP N 1 Kejajar menunjukkan angka baik sekali. Hal ini ditunjukkan dengan nilai yang paling banyak adalah 80-89, sejumlah 15 siswa atau 50,0% dari total sampel penelitian yang ada. Penilaian kondisi karakter siswa SMP N 1 Kejajar Tahun 2014/2015 termasuk dalam kategori baik. Hal ini dapat terbukti dengan hasil observasi yang menjawab selalu dengan prosentase 39,7 %, sering 28,4 %, kadang-kadang 19,7 %, dan tidak pernah 12,0%. Dan diperoleh nilai rata-rata sebanyak 3,0. Terbukti taraf signifikasi dengan nilai rxy 0,832 lebih besar daripada nilai koefisien yang terdapat pada tabel, baik taraf signifikasi 5% (0,367) maupun 1% (0,470), hal ini bisa disimpulkan bahwa penelitian yang dilakukan di SMP N 1 Kejajar dengan judul Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Membentuk Karakter Siswa SMP N 1 Kejajar Tahun 2014/2015, menunjukkan hasil yang positif dan signifikan.
Kata kunci: Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam (PAI), Karakter Siswa.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain