Skripsi
Prestasi Belajar Al-Qur'an Hadis Berdasarkan Perbedaan Latar Belakang Sekolah Di Mts Ma'arif Kejajar Tahun 2014/2015
jalur dan jenjangnya. Di MI terdapat pembelajaran Al-Qur’an Hadis, sementara di SD tidak ada, sehingga terlihat perbedaan antara SD dan MI dalam beban dan pengalaman belajar dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis. Permasalahan yang muncul adalah; (1) Bagaimana prestasi belajar Al-Qur’an Hadis peserta didik MTs Ma’arif Kejajar yang berasal dari MI? (2) Bagaimana prestasi belajar Al-Qur’an Hadis peserta didik MTs Ma’arif Kejajar yang berasal dari SD? (3) Apakah terdapat perbedaan yang signifikan terkait prestasi belajar Al-Qur’an Hadis antara peserta didik MTs Ma’arif kejajar yang berasal dari MI dan yang berasal dari SD?
Hipotesis yang diajukan adalah; (1) Ha: “terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar Al-Qur’an Hadis peserta didik MTs Ma’arif Kejajar antara peserta didik yang berasal dari SD dan peserta didik yang berasal dari MI”. (2) Ho: “tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar Al-Qur’an Hadis peserta didik MTs Ma’arif Kejajar antara peserta didik yang berasal dari SD dan peserta didik yang berasal dari MI”. Dan untuk memecahkan permasalahan, penulis mengadakan penelitian di MTs Ma’arif Kejajar dengan obyek penelitian adalah siswa kelas VII dengan sample berjumlah 30 orang. Data-data diperoleh dari nilai raport dan dianalisis dengan menggunakan analisis komparasional.
Setelah dianalisis ditemukan bahwa; (1) Prestasi belajar Al-Qur’an Hadis peserta didik MTs Ma’arif Kejajar yang berasal dari MI secara umum baik. Hal ini ditunjukkan pada frekuensi paling banyak ada pada rentang skor baik dengan prosentase 93,3% dan baik sekali sebesar 6,7%. (2) Prestasi belajar Al-Qur’an Hadis peserta didik MTs Ma’arif Kejajar yang berasal dari SD secara umum juga baik. Hal ini ditunjukkan pada frekuensi pada rentang skor baik dengan prosentase 100%. (3) Dalam hasil pengujian komparasi prestasi peserta didik MTs Ma’arif Kejajar yang berasal dari MI dan yang berasal dari SD dalam bidang studi Al-Qur’an Hadis dapat diketahui bahwa t hitung sebesar 1,7 < t table baik pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,05 maupun pada taraf signifikansi 1% sebesar 2,76. Sehingga dapat dinyatakan bahwa Hipotesis Nihil (Ho) yang menyatakan tidak adanya perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar Al-Qur’an Hadis di MTs Ma’arif Kejajar antara siswa yang berasal dari MI dan siswa yang berasal dari SD diterima. Hal ini memberikan pengertian bahwa asal sekolah pada satuan pendidikan yang berbeda tidak berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain