Skripsi
Pola interaksi guru dan siswa sebagai proses peningkatan kedisiplinan siswa kelas IX MTs Ma'arif Selomerto tahun pelajaran 2013/2014
Pola interaksi adalah bentuk-bentuk dalam proses terjadinya interaksi. Mereka saling menegur, berjabat tangan, saling berbicara bahkan mungkin berkelahi. Aktivitas-aktivitas semacam itu merupakan bentuk / pola interaksi sosial. Sedangkan interaksi yang bernilai pendidikan dalam dunia pendidikan ataupun yang disebut dengan interaksi edukatif, sebagai contoh dari pola interaksi adalah dalam hal seorang guru menghadapi murid-muridnya yang merupakan suatu kelompok manusia di dalam kelas.. Dalam interaksi belajar mengajar, seorang guru sebagai pengajar akan berusaha secara maksimal dengan menggunakan berbagai ketrampilan dan kemampuannya agar anak dapat mencapai tujuan yang diharapkan.
Kedisiplinan adalah pelatihan batin dan watak dengan maksud supaya segala perbuatannya selalu mentaati tata tertib / ketaatan pada aturan dan tata tertib.. Masalah kedisiplinan ini sering digunakan barometer dalam upaya mengukur kemajuan kepala sekolah dalam memimpin sekolahnya.
Dari latar belakang dan judul yang peneliti paparkan diatas, akhirnya dapat diperoleh rumusan masalah yaitu bagaimana pola interaksi guru dan siswa MTs Ma’arif Selomerto dalam proses peningkatan kedisiplinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola interaksi guru dan siswa MTs Ma’arif Selomerto.
Jenis penelitian ini peneltiian lapangan ( field Research ) yang bersifat kualitatif yaitu analisis untuk memperoleh data – data yang bersifat kualitatif yang digambarkan dengan kata kata atau kalimat terpisah-pisah menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan.
Hasil dari penelitian yang dilakukan peneliti dapat disampaikan disini bahwasannya pola interaksi antara guru dan siswa MTs Ma’arif Selomerto ditemukan adanya pengaruh yang signifikan, apabila interaksi antara guru dan siswa terjalin dengan baik maka, kedisiplinan anak akan meningkat dan tertanam dalam kehidupannya sehari – hari.
Kata kunci : Interaksi guru dan siswa , Kedisiplinan siswa.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain