Skripsi
Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar IPA bagi siswa kelas V MI Ma'arif Ropoh kecamatan Kepil Wonosobo tahun pelajaran 2014/2015
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruhnya minat belajar terhadap prestasi belajar IPA siswa di MI Ma’arif Ropoh tahun pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode penelitian kepustakaan, interview yaitu dengan mengadakan percakapan-percakapan yang diarahkan pada suatu masalah tertentu dimana dua orang atau lebih berhadap-hadapan secara fisik, angket dengan menggunakan daftar pertanyaan mengenai suatu hal untuk memperoleh data yang berkaitan dengan mengetahui pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar IPA siswa di MI Ma’arif Ropoh tahun pelajaran 2014/2015 , dokumentasi yaitu dengan mencari data mengenai hal-hal atau variable yang berupa catatan transkrip, buku, leger, agenda dan sebagainya
Berdasarkan hasil analisis Minat belajar sangat berpengaruh positif terhadap prestasi belajar IPA siswa di MI Ma’arif Ropoh tahun pelajaran 2014/2015, diketahui bahwa nilai r 0.805 lebih besar dari pada nilai koefesien yang terdapat pada table, baik taraf signifikan 5 % (0.381) maupun 1 % (0.487). Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa penelitian yang dilakukan di MI Ma’arif Ropoh, menunjukkan hasil yang positif dan signifikan antara Minat Belajar Siswa MI Ma’arif Ropoh dengan Prestasi Belajar IPA Siswa MI Ma’arif Ropoh Tahun Pelajaran 2014/2015.
Kata Kunci : Minat Belajar, Prestasi Belajar, Siswa
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain